Tuesday, June 22
Shadow

Mudahnya Belanja Bulanan Dengan Kartu Debit

Mudahnya Belanja Bulanan Dengan Kartu Debit -Mendekati hari terima gaji, para ibu biasanya sudah mengambil ancang-ancang untuk mengisi kembali stok beras, sabun cuci, bumbu, dsb. Mulai dari mengecek apa-apa saja yang habis, membuat daftar belanjaan untuk mengontrol pengeluaran, bahkan membuat perkiraan jumlah pengeluaran untuk pos belanja bulanan.
Nah, di masa gajian ini biasanya supermarket selalu penuh. Saat mendekati hari raya dan ketika ada isu harga kebutuhan naik juga pasti supermarket berjubel. Antrian di kasir pun mengular. Waktu berbelanja semakin panjang karena harus menunggu antrian.
Sesungguhnya hal ini bisa diakali dengan membayar belanjaan secara non tunai. Menggunakan kartu debit misalnya. Sesuai anjuran Bank Indonesia yang sedang menggalakkan program Gerakan Nasional Non Tunai. Beberapa Bank menyediakan mesin pembayaran dengan kartu debit di tiap kasir. Beberapa bank yang menyediakan layanan ini misalnya bank BCA, Mandiri, dan BRI.
Sekarang coba bayangkan jika hampir semua pelanggan membayar belanjaan dengan kartu debit. Berapa banyak waktu yang bisa dihemat. Pembeli cukup menggesek kartu debitnya lalu menekan jumlah pembayaran serta kode. Dan selesai. Coba bandingkan dengan pembeli yang membayar dengan uang tunai. Ia harus mengambil dompetnya, menghitung jumlah uang yang akan dibayarkan, lalu kasir harus menghitung jumlah uang, mengecek keaslian uang, dan memberi kembalian. Tentunya membayar dengan kartu debit di kasir membutuhkan waktu yang lebih singkat.
Selain itu, dengan membayar secara non tunai pembeli tidak perlu ketar ketir kalau-kalau uang cash-nya kurang. Apalagi kalau mesin ATM jauh dari kasir. Biasanya hal seperti ini yang membuat antrian di kasir semakin panjang. Untuk mengatasinya, pembeli dapat pula membayar kekurangannya dengan kartu debit.
Untuk mendukung Gerakan Nasional Non Tunai, Bank pula memberi diskon khusus bagi pembeli yang berbelanja menggunakan kartu debitnya. Maka, manfaatkanlah baik-baik kesempatan ini. Lumayan bukan jika bisa menghemat sekian rupiah.
Wah. Tak hanya menghemat waktu, pembayaran secara non tunai dengan kartu debit pun dapat pula menghemat pengeluaran. Siap beralih membayar dengan kartu debit?

(Visited 92 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *