Friday, July 30
Shadow

Mengenal Pahlawan NKRI di Uang Kertas #CintaRupiah

Cinta rupiah –  Yuk, mengenal para pahlawan yang ada di uang kertas NKRI! Kamu wajib tahu siapa saja para pahlawan yang diabadikan wajahnya di sana.

Ini dia 12 wajah pahlawan di rupiah TE 2016 :

1.Pecahan Rp100.000,00
Uang ini masih tetap dihias oleh gambar wajah Ir.Soekarno dan mohammad Hatta yang merupakan bapak proklamator Indonesia dan menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI pertama.

2.Pecahan Rp50.000,00
Di uang pecahan ini ada wajah Ir.H.Djuanda Kartawidjaja, pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Indonesia ke-10 sekaligus yang terakhir, serta menjabat sebagai Menteri Keuangan dalam kabinet Kerja-1.

3.Pecahan Rp20.000,00
Dr.G.S.S.J.Ratulangi, gambar wajah pahlawan kelahiran Sulawesi ini sudah familiar di mata Rakyat Indonesia karena sudah sering dipakai pada pecahan uang kertas yang lama. Dia merupakan seorang aktivis kemerdekaan Indonesia yang menjadi Gubernur pertama Sulawesi.

4.Pecahan Rp10.000,00
Pada pecahan ini ada gambar wajah seorang pria berdarah Papua, yaitu Frans Kaisiepo. Pernah menjabat sebagai Gubernur Papua pada tahun 1964-1973. Dia yang mengusulkan nama Irian yang dalam bahasa Biak berarti beruap.

5.Pecahan Rp5.000,00
Mungkin belum banyak masyarakat yang tahu dengan sosok pada pecahan uang ini. Namanya Dr.KH.Idham Chalid, seorang Guru Besar Nahlatul Ulama yang

pernah menjabat sebagai Wakil perdana Menteri Indonesia pada Kabinet Ali Sastroamidjojo II dan Kabinet Djuanda.

6.Pecahan Rp2.000,00
Pada pecahan ini ada gambar wajah Mohammad Hoesni Thamrin, seorang perintis revolusi kemerdekaan Indonesia dan seorang politisi nasional era Hindia Belanda.

7.Pecahan Rp1.000,00
Sosok Pahlawan Indonesia wanita kelahiran Aceh ini sudah sangat dikenal oleh seluruh Rakyat Indonesia. Namanya Cut Meutia, yang sering terlibat pertempuran dengan Belanda hingga gugur.

Itulah ke-7 sosok pahlawan Indonesia yang ada di uang kertas NKRI. Dengan mengenal sosok para pahlawan di uang kertas NKRI, diharapkan agar pengetahuan Rakyat Indonesia mengenai para pahlawan Indonesia semakin bertambah. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya. Mari cintai rupiah dengan mengenal para pahlawan kita.

 

foto tribunnews

(Visited 149 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *