Friday, July 30
Shadow

Generasi X dan Y, Ayo Bernostalgia Dengan Rupiah #Cintarupiah

Cinta rupiah –  Beberapa waktu yang lalu, saya bersama dengan anak dan seorang teman mengunjungi Museum Bank Indonesia yang terletak di Tamansari, Kota Jakarta Barat. Di sana kami berkeliling dari satu ruangan ke ruangan lain. Rasanya sangat luar biasa, saya seakan terlempar kembali ke masa lalu saat melihat beberapa koleksi uang yang pernah saya gunakan saat kecil.

Bagi Anda yang lahir pada tahun 1970-1980 berbahagialah! Karena pada masa-masa itu merupakan zaman yang sangat indah, di mana semua harga kebutuhan pokok masih sangat murah, para petani kaya dan berdaya, serta anak-anak bebas bermain di alam dengan gembira. Tidak ada kecanduan gadget dan sinetron seperti anak-anak zaman sekarang.

Saya mengamati satu persatu koleksi uang kertas dan logam itu dengan asyik. Anak saya pun juga tampak menikmati saat saya tunjukkan uang-uang lama tersebut sambil menceritakan bagaimana dengan hanya satu keping uang koin Rp5,00 saya sudah bisa jajan macam-macam.

Di bawah ini beberapa pecahan uang kertas dan logam yang pernah saya gunakan waktu kecil, saat masih duduk di bangku Sekolah Dasar :

1.Uang logam
Rp.1,00 (Satu rupiah, gambar seekor burung kecil), Rp.2,00 (Dua rupiah, gambar bunga dan padi), Rp5,00 (Lima rupiah, gambar burung), Rp5,00 (Lima rupiah, gambar keluarga berencana), Rp10,00 (Sepuluh rupiah nickel, gambar bunga dan padi), Rp10,00 (Sepuluh rupiah kuningan, gambar Tabanas), Rp10,00 (Sepuluh rupiah aluminium), Rp25,00 (Duapuluh lima rupiah nikel), Rp25,00 (Duapuluh lima rupiah aluminium, gambar pala), Rp50,00 (Limapuluh rupiah nickel, gambar burung cenderawasih), Rp100,00 (Seratus rupiah nickel tebal, gambar rumah gadang) ini uang logam favorit saya, terakhir Rp100,00 (Seratus rupiah nickel tipis).

2.Uang kertas
Rp500,00 (Lima ratus rupiah, gambar orang utan), Rp500,00 (Lima Ratus rupiah, gambar bunga bangkai), Rp100,00 (Seratus rupiah merah, gambar bendungan), Rp100,00 (Seratus rupiah merah, gambar gunung anak krakatau), dan Rp5.000,00 (Lima ribu rupiah, gambar rumah adat tongkonan).

Demikian beberapa mata uang masa lalu yang membuat saya ingin mengajak Anda bernostalgia. Dalam misi mengenalkan keindahan Indonesia kepada masyarakat dan negara luar, maka adat istiadat, budaya, dan keanekaragaman flora dan fauna pun dituangkan ke dalam berbagai pecahan mata uang rupiah. Mari kita mencintai negara melalui rupiah.

 

foto liputan6

(Visited 134 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *