Friday, July 30
Shadow

Desain Rupiah Tercantik di Dunia #CintaRupiah

Cinta Rupiah –  Kita tentu sudah sangat mengetahui bahwa perubahan yang signifikan kerap terjadi pada mata uang rupiah. Perubahan uang rupiah dari masa ke masa jelas terlihat semakin bagus dan berkualitas. Baik dari segi materi kertas, sketsa dan desain hingga pada pemilihan warna yang ditampilkan.

Dari kesemua desain itu, di setiap lembarnya memiliki latar dan gambar sebagai ciri khas tersendiri dalam mata uang tersebut. Bahkan ada beberapa mata uang kita yang mendapat apresiasi sebagai mata uang yang memiliki desain terbaik dan tercantik di mata dunia internasional. Sehingga hal tersebut sangat menarik hati para kolektor uang dunia. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

Uang kertas pecahan Rp10.000,00 tahun 1975
Pada mata uang tersebut terdapat lukisan Barong dan gambar relief candi pada sisi lainnya. Perum PERURI mempercayakan kepada Jurnalies, sebagai desainer nya. Desain ini pernah mendapatkan gelar desain terbaik se-Asia dan mendapatkan pujian luar biasa dari negara lain. Karena memang menampilkan unsur kebudayaan yang sangat kental.

Uang kertas Rp20.000,00 tahun 1998
Dalam sebuah situs luar negeri moneychoice.org pecahan uang ini mendapat urutan nomor satu dari sepuluh desain terbaik versi dunia. Desain nya menampilkan kombinasi warna dan gambar yang sangat bagus. Serta ada kesan yang mendalam yang ditampilkan secara tegas pada raut wajah dan ekspresi dari sosok gambar pahlawan Ki Hadjar Dewantara.

Uang kertas Rp 10.000,00 tahun 2005
Desain uang ini ditampilkan dengan sosok Sultan Mahmud Baharudin II serta

gambar rumah Limas yang merupakan rumah adat tradisonal Palembang.
Uang tersebut menempati salah satu dari 15 desain terindah di dunia, itu yang diungkapkan salah satu situs berita di Inggris The Telegraph.

Uang kertas Rp100.000,00 tahun 2014
Uang kertas ini juga mendapat penghargaan sebagai mata uang yang memiliki desain terbaik di dunia yang diberikan majalah Times, dan menyabet gelar The Most Beautifully Design Around The World. Pada uang tersebut menampilkan sosok Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta, sedangkan di sisi lainnya terdapat gambar gedung pemerintaha Majelis Permusyawaratan Rakyat atau disingkat MPR.

Itulah beberapa contoh uang kertas yang mempunyai desain terbaik di mata dunia internasional. Semoga hal inilah yang akan membuat kita sebagai warga indonesia, semakin mencintai mata uang kita sendiri.

 

foto BI

(Visited 202 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *