Friday, July 30
Shadow

#CintaRupiah dengan Membeli Produk Dalam Negeri

Review cinta rupiah –  Mencintai dan menyayangi sesuatu tentu akan membuat kita akan membela dengan berbagai cara dan dalam bentuk apapun demi apa yang kita cinta. Tak terkecuali ketika kita mencintai Indonesia tentunya tumpah darah akan kita pertaruhkan demi negeri kita tercinta.

Namun tak perlu terlalu muluk-muluk untuk terus mempertahankan kemerdekaan yang kita capai karena banyak sekali cara untuk mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif dan cara-cara sederhana untuk membela kedaulatan kita.

Salah satu bentuk kedaulatan Indonesia adalah adanya penggunaan dan mampu bertahannya peredaran mata uang rupiah di negara ini. Tentunya banyak cara untuk terus meningkatkan perputaran mata uang rupiah, misalnya saja dengan menggunakan mata uang rupiah di wilayah Indonesia termasuk di daerah perbatasan negara, memperbanyak transaksi dengan menggunakan rupiah, tidak menggunakan mata uang asing untuk transaksi dalam negeri (membayar sewa apartemen misalnya), dan tentunya membeli produk-produk dalam negeri.

Manusia sebagai makhluk yang konsumtif tentu tidak terlepas dari kegiatan bertransaksi seperti jual beli. Sebagai makhluk dengan tingkat kebutuhan hidup yang tinggi, adakalanya barang dan jasa yang bersifat tersierpun harus dipenuhi. People zaman now punya gaya hidup yang terkadang membuat geleng-geleng kepala. Untuk mendapatkan foto yang instagenic (bagus untuk diposting di akun sosial media, umumnya instagram) barang-barang branded rela dibeli dan wisata luar negeri rela dikunjungi demi gengsi yang tinggi. Padahal barang-barang dan tempat wisata dalam negeri tentunya tidak kalah saing dengan yang di luar negeri. Mereka tidak sadar bahwa kegiatan sepele seperti itu ternyata sangat berdampak pada sistem perekonomian nasional.

Berbeda lagi jika produk dalam negeri (baik barang maupun jasa) yang dibeli maupun digunakan dioptimalkan dengan baik. Selain mendukung kegiatan perekonomian dalam negeri. Hal ini juga akan membuat peluang baru untuk mulai dan berkembangnya berbagai bidang usaha baru di dalam negeri, perekonomian nasional meningkat, perputaran rupiahpun kian menanjak yang dalam jangka panjang dapat menaikkan kurs rupiah di kancah Internasional. Tentu hal ini sebagai salah satu dampak yang sangat besar dari kegiatan-kegiatan sederhana ini. Membeli dan menggunakan produk barang dan jasa dalam negeri adalah salah satu cara bela negara melalui rupiah dengan memanfaatkan kearifan lokal yang ada. Mari beli produk dalam negeri, mari bela rupiah karena membela tanah air tidak semuluk-muluk itu.

 

foto anekapetindo

(Visited 156 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *