Friday, July 30
Shadow

Tips Nabung Emas ala Ibu Rumah Tangga

Halo Bu – Ibu… Sudah saatnya ketika menjadi ibu rumah tangga harus pintar mengatur keuangan. Selain pintar mengalokasikan uang untuk kebutuhan sehari – hari, juga harus cerdas menganggarkan dana tabungan ya. Biar sewaktu – waktu membutuhkan uang, sudah ada dana yang siap untuk dipakai.

Zaman dulu, seringkali kita mendapat cerita dari ibu atau nenek ya kalau ternyata mereka kebanyakan suka membeli dan menyimpan emas di rumah. Ternyata kebiasaan tersebut bukan sekedar mengumpulkan emas sebagai perhiasan saja, namun justru sebagai tabungan. Nah, boleh kita tiru juga untuk sekarang ini.

Ketika kita berbicara mengenai tabungan yang berwujud emas ini, sungguh menggiurkan bukan? Emas merupakan salah satu aset yang nilainya relatif stabil. Semakin ke sini justru harganya seringkali naik, jarang turun. Inilah alasan mengapa banyak orang lebih menyukai tabungan berupa emas. Sebagai ibu rumah tangga, kita juga bisa mulai nabung emas dari sekarang lho. Tidak perlu juga menunggu uang tambahan dari suami. Mau tahu tips dan triknya? Mari simak ulasan berikut.

1. Alokasikan Dana di Awal Bulan
Pastikan dari awal bulan sudah mengalokasikan budget untuk berbagai kebutuhan, seperti sewa tempat tinggal, listrik dan air, kebutuhan dapur, biaya pendidikan anak, dan berbagai macam kebutuhan lainnya termasuk alokasi dana tabungan. Nah, tabungan ini sebaiknya di simpan dalam bentuk tunai di bank. Supaya lebih mudah pencairannya ketika butuh dana mendadak.

2. Memanfaatkan Uang Receh Sisa Belanja
Jika semua sudah terkelompokkan dengan baik, seorang ibu rumah tangga bisa memanfaatkan sisa receh uang belanja. Sedikit demi sedikit mulai dikumpulkan dan nantinya bisa buat nabung emas. Kok bisa? Bisa banget. Sekarang ini sudah ada emas yang dijual tidak hanya ukuran 1 gram saja, tapi ada juga yang ukuran lebih kecil yakni sekitar 0.05 gram, 0.1 gram, 0.25 gram, dan 0.5 gram. Hal ini merupakan kesempatan yang bagus untuk para ibu rumah tangga. Dengan ukuran emas yang kecil, harga lebih murah. Kita bisa memanfaatkan recehan sisa uang belanja untuk membeli emas secara bertahap. Mudahkan?

3. Komitmen dan Konsisten
Komitmen untuk tidak membelanjakan sisa uang belanja untuk hal – hal yang lain dan konsisten untuk menyisihkan uang belanja setiap hari, misalnya dua ribu rupiah perhari. Dengan begitu, dalam satu bulan bisa terkumpul enam puluh ribu rupiah dalam sebulan. Jika dikumpulkan dalam beberapa bulan, bukan tidak mungkin bisa mendapatkan 1 gram emas.

4. Tidak Mudah Putus Asa
Kalau membayangkan beli emas dari uang sisa belanja, rasanya memang sulit, tapi bisa ya. Tidak ada hal yang tidak mungkin terjadi, jika kita mau mengusahakannya. Termasuk membeli rumah dari tabungan emas pun bisa. Asal kita tidak cepat lelah dan tidak mudah putus asa. Perlahan tapi pasti akan bisa terpenuhi.

5. Mulai dari Sekarang
Walaupun sebagai ibu rumah tangga tidak menutup kemungkinan juga kita nabung emas. Yang jelas, selagi bisa untuk mengumpulkan emas mulai sekarang kenapa tidak? Asalkan juga tidak mudah tergiur untuk beli – beli barang lainnya. Selain nabung emas ini, ibu rumah tangga juga bisa mulai belajar bentuk investasi lain seperti menanam saham. Pada intinya, carilah cara untuk bisa belajar di sempitnya waktu mengurusi rumah tangga, lalu mencari titik – titik dimana ada kesempatan berinvestasi yang sehat dan halal tentunya. Kita semua yakin, bahwa ibu rumah tangga bisa!
Selamat mencoba, semoga berhasil!

 

foto pexels

(Visited 54 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *