Thursday, February 27
Shadow

Tips – Menabung untuk Masa Depan Anak

Tips menabung untuk masa depan anak – Banyak negara yang sudah menerapkan sistem pendidikan gratis terhadap masyarakatnya, namun di Indonesia biaya pendidikan masih tegolong mahal dan sering membuat para orang tua mengeluarkan banyak biaya untuk pendidikan anak.

Karena tingginya biaya pendidikan, banyak juga orang tua yang sudah memikirkan biaya pendidikan untuk sang anak bahkan dari masih balita. Bukan hanya pendidikan saja, akan tetapi biaya rumah sakit apabila tiba-tiba sakit, dan lain-lain. Berikut ini adalah contoh-contoh investasi yang biasanya dilakukan oleh orang tua :
1.Tabungan konvensional
Tabungan konvensional adalah cara yang tidak terlalu ribet untuk para orang tua, karena banyak tabungan-tabungan yang menawarkan bunga dan fasilitas asuransi. Selain dianggap lebih mudah, hal ini juga memberikan keamanan karena dapat ditarik kapanpun disaat kita membutuhkannya.
2.Tabungan pendidikan
Tabungan pendidikan ini memberikan fasilitas seperti asuransi jiwa. Bahkan selain fasilitas asuransi jiwa, tabungan ini juga memiliki bunga yang menggoda.
3.Asuransi pendidikan
Asuransi dan tabungan pendidikan bisa dikatakan sedikit sama, akan tetapi adapun perbedaanya, diantaranya yaitu :
a.Jika asuransi pendidikan itu didirikan oleh perusahaan dari asuransi tersebut, sementara tabungan pendidikan didirikan oleh pihak bank.
b.Keuntungan dari asuransi pendidikan memang lebih besar, akan tetapi jika dibandingkan dengan prosesnya, asuransi pendidikan sangatlah rumit.
4.Investasi reksadana
Menurut Wikipedia, reksadana adalah wadah dan pola pengelolaan dana atau modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrument investasi yang tersedia. Membeli reksadana lebih mudah dibandingkan dengan membeli saham. Karena reksadana dapat dibeli langsung melalui bank yang menjadi agen penjual reksadana. Adapun macam-macam reksadana yaitu reksadana pendapatan tetap, reksadana pasar uang, reksadana saham dan reksadana campuran.
5.Deposito
Bagi para orang tua, deposito adalah alternatif tabungan yang ideal karena deposito memiliki jangka waktu. Bunga dari deposito juga bisa dibilang cukup besar dibandingan dengan tabungan biasa. Akan tetapi, deposito hanya bisa dilakukan pada waktu-waktu tertentu. Maka semakin lama kita menyimpan dana dalam bentuk deposito, maka semakin besar pula bunga yang ditawarkan.

Menabung sejak dini memang harus ditanamkan, dan merupakan keharusan. Hanya di tangan para orang tua lah kepastian masa depan anak. Prinsip menabung adalah sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, kalo tidak menabung dari sekarang lalu kapan lagi ?

(Visited 93 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *