Friday, August 14
Shadow

Tips Aman Bertransaksi di Online dari Gangguan Penipu

Tips aman bertransaksi di Online dari Gangguan Penipu – Pertumbuhan teknologi di Indonesia khususnya pengguna internet sangat berkembang pesat, apalagi hal ini dapat memudahkan bagi penggunanya untuk melakukan segala transaksi jual beli online atau kini disebut e-commerce. Dengan sistem ini maka kita tidak perlu repot untuk berbelanja ke mall atau toko dengan membawa uang yang sangat banyak. Karena hal ini sangat rawan dari tindakan kriminal seperti penjambretan dan lain-lain. Dan dengan berbelanja online kita dapat melakukan transakti kapanpun dimanapun dan tanpa batasan waktu atau 24 jam non stop.
Banyak yang menyebutkan bahwa jika kita melakukan suatu transaksi online maka sudah dianggap aman, tetapi masih banyak oknum-oknum yang melakukan penipuan atau membawa kabur uang tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips bagaimana bertransaksi secara online dengan aman :
1.Cek toko online terkait
Sebelum melakukan pembelian barang, maka sebaiknya hal yang kita lakukan pertama kali adalah mengecek apakah toko online tersebut recommended atau tidak, kita bisa melihatnya mungkin dari testimony atau komentar-komentar pada toko online tersebut.
2.Kunjungi akun-akun pembeli
Disini yang dimaksud dengan akun-akun pembeli adalah akun-akun yang sudah pernah membeli di toko online tersebut, jika mereka dikecewakan atau ditipu oleh toko online tersebut, maka biasanya pembeli itu akan memposting keluhan atau peringatan agar kita tidak jadi korban penipuan selanjutnya.
3.Jangan sembarangan memberikan identitas diri
Jangan terlalu bernafsu untuk segera melakukan transfer, karena jika kita sudah memberikan data diri kita kepada si penjual dan ternyata si penjual adalah penipu maka besar kemungkinan si penipu untuk menguras isi tabungan kita ataupun menjebol kartu kredit kita.
4.Hubungi penjual langsung
Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya pihak ketiga yang kemungkinan adalah penipu, sebaiknya kita mencari toko yang terdapat nomor customer service, jadi jika suatu saat terjadi penipuan kita dapat menanyakannya pada customer rervice tersebut.
Nah diatas adalah tips-tips yang sebaiknya dilakukan sebelum bertransaksi online, walaupun sangat mudah melakukannya, tapi tetap harus hati hati ya…

(Visited 113 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *