Statistik Kependudukan Kabupaten Indramayu

Indramayu adalah salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kabupaten Indramayu terdiri dari 33 Kecamatan, yang di bagi lagi atas sejumlah 315 desa dan Kelurahan. Dan Tanggal 7 oktober 1527 adalah merupakan tanggal hari jadi Kabupaten Indramayu. Titik Keramaian dari Kabupaten Indramayu sendiri berada di Jatibarang dan Haurgeulis, Jatibarang merupakan Pusat Pasar dan memiliki akses yang mudah seperti Jalur Pantura dan Stasiun Kereta Api. Kalau kecamatan Haurgeulis tidak dilewati langsung oleh jalur pantura, tapi masih dilewati Jalur Kereta Api.

Jumlah kecamtan di indramayu
Kota indramayu

Menurut data Statistik Kependudukan Kabupaten Indramayu, Pada tahun 2013 Kabupaten Indramayu memiliki Data jumlah penduduk sebanyak 1.697.491 Jiwa. Lalu pada Akhir Tahun 2014, dari data tersebut terlihat bahwa terjadi Kenaikan Jumlah penduduk di Kabupaten Indramayu yaitu sebesar 11.060 Jiwa. Dengan demikian laju pertumbuhan penduduk Kabupaten Indramayu tahun 2013-2014 sebesar 0,65%, Begitulah menurut data yang ada di web www.indramayukab.go.id.

Dari sekian banyak penduduk Indramayu di tahun 2014, Kabupaten Indramayu memiliki data Laki-laki 880.024 Jiwa dan penduduk Perempuan sebesar 828.527, dengan sex ratio 106,22. Komposisi Penduduk Kabupaten Indramayu menurut struktur umur dan jenis kelamin dapat digambarkan dengan jelas oleh Piramida penduduk. Dari Piramida penduduk tersebut dapat dilihat bahwa selama lima tahun terakhir telah terjadi penurunan fertilitas.

Di Kabupaten Indramayu saat ini hanya ada dua Rumah sakit Pemerintah dan Lima Rumah Sakit milik Swasta. Dari data Kependudukan Kabupaten Indramayu tersebut, jumlah rumah sakit di di Indramayu masih di anggap masih kurang. Karena jumlah Rumah Sakit yang ada tidak sebanding dengan jumlah penduduk saat ini. Akan tetapi pemerintahan Indramayu menutupi kekurangan tersebut, di 21 Kecamatan dari 33 Kecamatan di Kabupaten Indramayu telah disediakan Puskesmas Perawatan. Setiap Puskesmas tersebut menyediakan 20 tempat tidur Perawatan. Jumlah tersebut ditambah dengan adanya 18 Puskesmas Poned.

Saat ini wilayah Kabupaten Indramayu kurang lebih sekitar 2.099,42 km persegi. Dengan data Statistik Kependudukan, Kabupaten Indramayu memiliki Jumlah Penduduk hampir 1,8 juta jiwa. Kepadatan penduduk di Kabupaten Indramayu kurang lebih sebesar 813,82 jika/km persegi. Kecamatan dengan kepadatan penduduk tertinggi adalah kecamatan Karangampel yaitu sebesar 2.125,46 jiwa/km persegi, sedangkan yang terendah adalah Kecamatan Cikedung 267,13 Jiwa/km persegi.

Begitulah data statistik dari Kabupaten Indramayu, semoga bisa bermanfaat. Good Luck!

(Visited 5,480 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *