Friday, August 14
Shadow

SMS Banking Solusi Non Tunai Praktis Meski HP Jadul

SMS Banking Solusi Non Tunai Praktis Meski HP Jadul – Perkembangan teknologi komunikasi sampai saat ini telah melalui transformasi yang sangat cepat hingga muncul sekarang yang kita kenal dengan teknologi smartphone atau ponsel pintar. Bukan sekedar nama, teknologi smartphone memang menyediakan teknologi yang sangat canggih yang dapat melakukan multifitur tidak hanya untuk telpon dan sms saja, bahkan smartphone mampu menyajikan fitur hampir serupa dengan komputer, menerapkan banyak aplikasi bermanfaat, searching, chating, game, dan banyak fitur lainnya semua bisa Anda dapatkan.

Terlebih dengan kulitas resolusi yang sangat baik, membuat tampilan smartphone semakin menarik dan banyak orang yang menginginkannya.
Dan tahukah Anda sekarang layanan perbankan juga sudah memanfaatkan teknologi komunikasi smartphone untuk mengakses layanannya. Melalui smartphone kita bisa mengakses layanan perbankan dengan mudah seperti internet banking, m-banking, dan mobile banking. Tentu semua layanan itu memberikan kemudahan bagi Anda. Namun bagaimana jika kita tidak memiliki smartphone alias masih menggunakan handphone jadul? Apakah hanya bisa menggigit jari? Tenang saja, masih ada layanan perbankan yang bisa Anda akses lewat handphone jadul sekalipun yakni dengan layanan SMS Banking.
Berdasarkan namanya, SMS Banking adalah layanan perbankan yang bisa Anda akses hanya dengan SMS alias Short Message Service. Caranya adalah Anda harus memiliki tabungan di Bank terlebih dahulu, jadi jika Anda belum punya saldo di Bank segera simpan uang Anda di Bank, dijamin lebih aman dibandingkan menyimpannya di rumah. Langkah selanjutnya Anda harus mendaftar ke Bank terdekat untuk mendapatkan layanan SMS Banking dan mendapatkan PIN khusus. PIN ini nanti akan digunakan dalam format SMS sebagai password Anda mendapat layanan. Setiap Bank biasanya memiliki format SMS Banking yang berbeda. Namun sebagai contoh misalnya Anda ingin mentransfer sejumlah uang, maka tinggal mengetikan no rekening, no rekening tujuan, nominal dan PIN. Selanjutnya Anda akan mendapat SMS balasan berupa notifikasi bahwa transaksi Anda berhasil. Jika notifikasi ini tidak diterima, maka sebaiknya Anda mengecek terlebih dahulu saldo terakhir dengan format, Saldo kemudian PIN karena bisa jadi saldo Anda habis atau memang transaksi sudah terjadi namun Anda tidak mendapat notifikasi.
Apabila notifikasi tidak Anda terima bisa terjadi karena adanya gangguan server SIM Card atau Bank terkait dan ini menjadi kelemahan tersendiri dari SMS Banking. Namun terlepas dari itu, SMS Banking juga memiliki kelebihan yakni tidak memerlukan koneksi internet untuk mengaksesnya, sehingga bisa diakses kapan saja dan dimana saja, lebih efisien dan hemat. Sekian dulu artikel kali ini dan semoga bermanfaat bagi pembaca. SMS Banking, solusi non tunai meski di HP jadul.

(Visited 484 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *