Pesona Hutan Magrove di Pantai Karangsong Indramayu

Pantai Karangsong adalah tempat wisata di Indramayu yang menyuguhkan panorama alam eksotis dan pengalaman wisata yang berkesan. Pesona Pantai Karangsong dan Hutan Magrove dapat menjadi pilihan liburan seru di Indramayu.

Pantai Karangsong mempunyai ombak yang tenang namun berpasir cokelat bercampur lumpur sehingga kurang cocok untuk aktifitas snorkling atau diving. Aktifitas wisata yang bisa dilakukan di Pantai Karangsong adalah menelusuri keindahan hutan bakau dan memancing.

Bila ingin bermain snorkling atau diving, anda bisa pergi ke pulau Biawak yang berjarak sekitar 40 kilometer dari Pantai Karangsong dengan menyewa perahu nelayan. Pulau Biawak memiliki pasir pantai yang bersih, air laut yang jernih serta pemandangan bawah laut yang luar biasa.

Pantai Karangsong terletak di Desa Karangsong, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Selain menyuguhkan pemandangan laut yang menghampar luas, Pantai Karangsong juga menawarkan atraksi wisata seru yakni berkeliling Hutan Mangrove (Bakau) yang tumbuh subur di sekitar pesisir pantai.

Pantai ini menjadi kawasan ekowisata didukung oleh Pertamina sejak tahun 2010. Belakangan ini, Pantai Karangsong mampu menjadi magnet yang menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Indramayu. Wisatawan yang datang dapat menikmati keindahan alam laut dan mengelilingi indanya hutan mangrove dengan menggunakan perahu kecil sambil selfie ria.

Ada dua cara menikmati keindahan hutan mangrove di Pantai Karangsong. Pertama dengan berjalan kaki melewati jembatan kayu, kedua dengan menggunakan perahu kecil, melintasi sungai kecil yang di kiri kanan nya tertata rapi pohon mangrove yang senantiasa berdiri kokoh walaupun diterjang ombak.

Menurut informasi dari mbah Google, kawasan hutan mangrove di Pantai Karangsong merupakan Hutan Mangrove terbesar di Indramayu.

Hutan Mangrove berfungsi melindungi pantai agar tidak terjadi abrasi akibat hantaman ombak laut yang terus mengikis bibir pantai. Selain itu, Hutan Mangrove juga dapat mempercantik pemandangan alam di lokasi pantai, lebih cantik daripada dikelilingi oleh tembok beton. Sehingga dapat menjadi obyek wisata primadona yang selalu diburu wisatawan dari berbagai daerah.

Disamping itu, keberadaan Hutan Magrove di Pantai Karangsong juga dapat meningkatkan taraf hidup penduduk setempat. Warga yang tinggal di sekitar Pantai Karangsong jadi punya profesi baru, salah satunya adalah jasa ojek perahu. Tarif ojek perahu nelayan ini cukup terjangkau,yakni hanya Rp 10.000,00 per orang. Dengan biaya sewa semurah itu, kita akan dibawa menyusuri indahnya hutan bakau di Pantai Karangsong Indramayu.

Demikian ulasan singkat obyek wisata Pantai Karangsong Indramayu dengan Hutan Mangrove nya, semoga dapat menambah referensi liburan anda dan keluarga. Selamat berlibur!

(Visited 1,989 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *