Perekonomian di Kabupaten Indramayu

Indramayu adalah salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kabupaten Indramayu memiliki luas daerah sekitar 2.000,99 km persegi. Dengan Jumlah penduduk di daerah ini adalah sekitar hampir 1,8 juta Jiwa, dengan kepadatan Penduduk 805.44 orang/Km persegi. Kabupaten Indramayu ini juga memiliki 31 Kecamatan yang dibagi lagi atas sejumlah 315 desa dan Kelurahan.

Hasil Bumi yang ada di kabupaten Indramayu adalah Padi, walaupun bukan penghasil padi yang terbesar, namun masyarakat Indramayu umumnya memiliki mata pencarian sebagai Petani, karena sebagian besar wilayah Indramayu merupakan lahan Pertanian. Bahkan walaupun anda di Pusat kota Indramayu, anda masih akan melihat daerah Persawahan.

Selain Padi, Produk yang terkenal Asli dari Indramayu adalah Mangga, salah satu jenis mangga yang terkenal adalah Mangga Harum manis. Mangga ini terkenal enak dan manis, sehingga di sepanjang jalur utama Indramayu banyak Pedagang buah mangga khas Indramayu.

Dalam segi ekonomi, mayoritas profesi penduduk Indramayu adalah seorang Petani dan Nelayan yang sederhana, bukan yang bermodal besar. Sehingga penghasilan dari Profesinya tersebut merupakan hasil pencarian untuk merubah hidup mereka ke arah yang lebih baik. Akibatnya banyak penduduk Indramayu yang menjadi TKI (Tenaga Kerja Indonesia) atau TKW (Tenaga Kerja Wanita).

Selain itu, Beberapa orang lebih memilih sebagai Pengemis dan Pemulung di daerah Jakarta, Sehingga di Jakarta terdapat Kampung Pengemis yang mayoritasnya orang Indramayu. Potret Kehidupan Indramayu ini menyatakan bahwa kondisi yang ada di Kabupaten Indramayu ini disebabkan oleh banyaknya penduduk yang taraf pendidikannya masih terbilang rendah. Sebagian Masyarakat memang menganggap bahwa pendidikan itu tidaklah penting. “yang penting usaha, pendidikan itu hanya menghabiskan biaya/harta” Begitu ucapan dari sebagian penduduk di Indramayu.

Kondisi ini membuat pemerintah mengadakan Program Bidang Tenaga Kerja Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, contohnya seperti Latihan Keterampilan Kerja (LKK). Program ini bertujuan untuk pengembangan Produktivitas Masyarakat Indramayu, dan juga terdapat Pelatihan Kewirausahaan di salah satu Kabupaten di Jawa barat ini.

Untuk Jumlah Perusahaan di Kabupaten Indramayu yang terdaftar pada tahun 2010 ada 480 Perusahaan dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 11.580 orang. Dengan Upah Minimum pada tahun 2011 adalah Rp. 944.190 sedangkan upah minimum jenis usaha Migas adalah Rp. 1.500.000. Kondisi inilah salah satu yang membuat masyarakat Kabupaten Indramayu lebih memilih menjadi Pengemis di Jakarta dan beberapa dari mereka masih menganggap bahwa pendidikan itu tidak penting.

Begitulah kondisi perekonomian di daerah Kabupaten Indramayu, Mayoritas Pekerjaan mereka ada yang sebagai Petani, TKI, TKW sampai Pengemis di daerah Jakarta. Anda bisa membantu perekonomian mereka dengan mengunjungi daerah Indramayu dan tempat Wisatanya. Tempat Wisata di Indramayu tidak kalah dengan tempat wisata di daerah lainnya, dan juga Indramayu memiliki oleh-oleh atau Kuliner yang Khas.

(Visited 2,407 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *