Monday, May 17
Shadow

Pedesan Entog Kuliner Khas Indramayu

Indonesia kaya akan Masakan Kuliner Khas tiap daerah. Jika orang-orang melakukan Travelling atau Backpacker selain tempat Wisatanya yang dituju, pasti Wisata Kulinernya juga di coba sebagai pelengkap dari hasil Travellingnya. Terutama jika anda merencanakan Travelling ke Jawa Barat, Cobalah untuk mengunjungi Kabupaten Indramayu. Selain kaya akan tempat Wisatanya, Indramayu ini juga kaya akan Wisata Kulinernya.

Sebagian orang mungkin hanya mengenal makanan Khas Indramayu adalah Mangga Harum Manis. Ternyata tidak hanya Mangga yang melegenda, di Indramayu juga tersedia makanan Berat sebagai makanan Khas daerahnya. Salah satunya adalah Pedesan Entog Kuliner Khas Indramayu.

Dari namanya saja sudah terbayang makanan ini terdiri dari apa saja. Yups benar, makanan ini tersaji dengan daging itik atau Entog, yang diracik dengan kuah Kental yang berbumbu Pedas. Perpaduan kedua Bahan makanan ini menghasilkan rasa yang Gurih dan Pedas sebagai cita rasa Istimewa.

Rasa Pedas di Makanan Khas Indramayu ini adalah dari Campuran Cabai Rawit, Cabai Merah keriting serta merica. Kalau kata salah satu pedagang Pedesan Entog ini, Cabai hanya akan membuat rasa pedas di mulut, sedangkan merica halus akan menciptakan rasa pedas di perut. mmm.. terbayang kan, pastinya anda yang pecinta makanan Pedas tidak lengkap rasanya kalau tidak mencoba Makanan Khas Indramayu Pedesan Entog ini.

Selain Pedas, ternyata Pedesan Entog juga kaya cita rasa karena terdapat berbagai rempah-rempah di dalamnya. Kemiri, lengkuas, daun sereh, daun jeruk dan Kayu manis. Lalu semua rempah-rempah tersebut digiling dan digoreng dalam minyak panas. Saat aromanya sudah keluar dan sudah tercium, bumbu-bumbu tersebut dicampurkan dengan daging entog yang sudah dibersihkan.

Lalu Daging entog dan bumbu di rebus dengan air secukupnya, proses ini memakan waktu sekitar dua Jam agar bumbu meresap dan daging entok menjadi Empuk, setelah itu Pedesan Entog siap disajikan.

Untuk mencoba Pedesan Entog anda bisa datang ke Rumah Makan Pedesan Entok Bang Combet yang terletak di Jalan Olahraga, Karanganyar. Rumah makan ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 22.00 WIB. Khusus hari Minggu, hanya buka sampai pukul 15.00 WIB. Soal harga, Seporsi pedesan Entok di banderol Rp. 15 ribu saja, Cukup murah dan terjangkau di kantong anda. Selain menu khas tersebut, anda juga bisa mencoba belut cah kangkung di rumah makan ini.

Di bayangin saja sudah terasa kan Lezatnya makanan ini, Yuk kunjungi Indramayu. Happy Travelling!

gambar : dari buku masakan

(Visited 2,190 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *