Tuesday, June 22
Shadow

Memperkenalkan E-Ticket Kepada Generasi Cashless Society

Memperkenalkan E-Ticket Kepada Generasi Cashless Society -Adanya kampanye untuk mengalihkan transaksi tunai kepada transaksi non tunai menjadikan dunia industri pelayanan jasa semakin kretaif. Salah satu usaha kreatif yang mereka lakukan adalah dengan mengeluarkan penawaran tiket digital kepada masyarakat luas. Menurut wikipedia e-ticket atau tiket elektronik adalah sebuah tiket dalam bentuk digital. E-ticket digunakan untuk memesan tiket kendaraan (pesawat, kereta api, bus, kapal), hotel, bioskop, konser, dan tempat-tempat wisata. E-ticket merupakan cara untuk mendokumentasikan proses penjualan kepada pelanggan tanpa harus mengeluarkan dokumen berharga secara fisik ataupun paper ticket.
Pada awalnya e-ticket hanya dikenal untuk jasa transportasi, seiring berkembangnya jaman e-ticket juga digunakan untuk memesan hotel dan tempat wisata. Beberapa e-ticket dapat digunakan untuk membeli makanan di tempat wisata. Gerakan pengalihandari tiket kertas menjadi tiket digital ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh industri jasa dalam mendukung gerakan nasional non tunai.
Untuk mendapatkan e-ticket, hal pertama yang kita lakukan adalah dengan melakukan pemesanan melalui portal yang telah tersedia. Kita akan diminta memilih jenis layanan jasa seperti apa yang kita inginkan. Misalnya akan memesan hotel, maka di laman tersebut akan memeberikan pilihan kepada kita untuk memilih jenis kamar dan berapa lama akan tinggal disana. Setelah memilih kita akan mendapatkan konfirmasi lalu kita harus segera mentransfer ke nomer rekening yang telah tercantum didalamnya.
Ketika akan menggunakan tiket tersebut kita hanya perlu menunjukkan tiket elektronik yang kita miliki. Dengan menggunakan e-ticket ini tidak mengharuskan kita untuk datang langsung ke kantor atau loket untuk melakukan pemesanan dan pembayaran. Cukup menghemat tenaga, waktu, dan biaya.
E-ticket menjadi salah satu bagian langkah nyata yang dilakukan untuk mewujudkan cashless society di Indonesia. Jangan pernah mengaku sebagai generasi cashless society apabila kita belum pernah mencoba menggunakan e-ticket dalam aktifitas pekerjaan atau liburan Anda. Tidak jarang pula akan ada potongan harga bagi orang yang menggunakan e-ticketing. Selain cara mendapatkannya yang mudah bisa jadi juga Anda akan mendapatkan harga yang murah.

(Visited 202 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *