Monday, May 17
Shadow

Manfaat Uang Koin Indonesia yang Banyak Orang Belum Tahu #CintaRupiah

Manfaat uang koin –  Banyak masyarakat Indonesia kurang menghargai uang, mulai dari uang kertas yang jika menyimpannya dilipat, diremas atau bahkan sampai sobek, apalagi uang koin yang nominalnya kecil. Coba saja kasih pengamen uang koin nominal 200 rupiah dijamin mereka akan tersinggung.

Bahkan penjual apapun jika kita berikan uang koin untuk pembayaran maka akan cemberut wajahnya karena malas untuk menghitungnya.

Lalu apa gunanya uang koin Indonesia? Untuk dimasukkan kedalam kotak amal pun kadang malu karena bunyi yang dihasilkannya. Di Supermarket uang koin biasanya suka ditukar dengan sebuah permen dan pembeli pun menyetujinya. Padahal sekecil apapun nilai uang itu adalah uang yang apabila dikumpulkan akan mempunyai nilai tertentu dan dapat dibelanjakan juga.

Saat ini Indonesia punya berbagai macam uang koin yang nilainya 100,200,500 dan 1000 rupiah. Uang koin yang nominalnya besar seperti 500 dan 1000 rupiah masih banyak peminatnya. Sementara mungkin banyak diantara kamu yang tidak pernah lagi melihat pecahan 50 rupiah. Untuk kamu yang selama ini seperti memandang “rendah” uang koin Indonesia pecahan logam, seharusnya kamu mengetahui jika uang koin Indonesia punya manfaat yang selama ini tidak kamu bayangkan, berikut contoh manfaatnya :

1. Untuk Kesehatan
Kalau kamu merasa tidak enak badan atau biasa disebut masuk angin dan nyaman dengan pengobatan tradisional dibanding modern, kamu pasti akan menggunakan uang koin. Metode ini dikenal dengan nama kerikan atau kerokan. Menyembuhkan masuk angin menggunakan uang koin didalam pelaksanaanya.

2. Sarana untuk belajar menabung
Teringat saat kamu kecil dan diajarkan orang tua untuk menabung? Biasanya kamu akan menabung uang koin kedalam celengan yang berupa kaleng, tanah liat atau plastik. Kamu akan sangat bangga saat celengan menjadi semakin berat dan lebih senang lagi ketika celengan itu dipecahkan dan menhitungnya. Uang koin memang menjadi sarana kamu belajar menabung dan belajar menghargai nilai uang sekecil apapun.

3. Sebagai alat pembayaran bantuan
Jangan pernah berpikir jika uang koin tidak ada gunanya lagi. Masih banyak yang membutuhkan uang koin. Contohnya supermarket dan swalayan. Mereka akan senang kalau mau menukarkan uang pecahan logam yang kita miliki, karena akan membantu mereka untuk memberikan uang kembalian yang pas kepada pembeli. Uang koin juga menjadi dewa penolong saat kamu harus membayar sesuatu atau jasa yang membutuhkan nilai uang kecil misalnya uang parkir atau untuk tukang parkir di pertigaan jalan.

Jadi mulai sekarang, jangan kamu anggap sepele lagi ya uang koin Indonesia.

foto republika

(Visited 260 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *