Thursday, February 27
Shadow

Keindahan Pulau Biawak Indramayu

Pulau Biawak merupakan Kepulauan yang terletak di Laut Jawa. Disebut kepulauan karena ada tiga pulau di kawasan ini, yakni pulau biawak, pulau candikian, dan pulau gosong.

Wisata di Pulau Biawak
Pulau Biawak

Secara Administratif, Pulau Biawak masuk ke Kecamatan Indramayu, dengan jarak sekitar 28 mil laut atau sekitar 40 kilometer dari pantai utara Tirtamaya Indramayu.

Banyak orang bilang, pulau ini masih perawan sehingga banyak orang yang mau menjelajahi keindahan Pulau Biawak ini. Tidak kurang dari ratusan orang antre untuk bisa menyeberangi semenanjung Indramayu agar bisa ke Pulau Biawak. Tidak hanya ratusan orang terpaksa masuk waiting list hingga bulan Desember mendatang. Ini bukan karena tidak boleh menyeberang, melainkan karena masih kurangnya alat penyeberangan, seperti speedboat maupun kapal penyeberangan yang bisa operasional setiap hari.

Pemerintah Kabupaten Indramayu pun hanya memiliki dua kapal penyeberangan bantuan dari Pemprov Jawa Barat berkapasitas 30 orang dan 10 orang. Kedua kapal ini hanya dioperasikan setiap hari Sabtu dan Minggu degan tarif sewa Rp 290.000/ orang. Namun anda bisa menyewa perahu motor nelayan seharga Rp 2 juta/ 10 orang.

Dengan kapal milik Pemkab Indramayu, anda bisa menyeberang ke Pulau Biawak dengan waktu tempuh sekitar 1 – 1,5 jam, sedangkan dengan perahu motor sekitar 4 jam. Bedanya perahu motor bisa disewa kapan saja atau tiap hari.

Menginjakkan kaki di Pulau Biawak, anda dipastikan merasakan takjub. Apalagi disana ada mercusuar buatan Belanda tahun 1872 yang hingga kini masih berdiri tegak setinggi 65 meter atau 16 lantai. Udara bersih dengan semilir angin laut membuat rasa capek dan lelah selama perjalanan laut seketika akan sirna begitu kaki menginjakkan Pulau Biawak. Tidak hanya itu, beningnya air laut diperairan pulau tersebut, gugusan terumbu karang yang masih utuh menambah cantiknya perairan pulau Biawak. Ditambah dengan berseliwernya ikan hias aneka warna mengundang Anda untuk terjun dan menelusuri tiap jengkal terumbu karang disana.

Keindahan Pulau Biawak semakin kentara apabila anda berkesempatan berkeliling pulau dengan luas 120 hektar ini. Pulau kaya dengan tanaman bakau yang hijau dan rapat dipandang dari ketinggian, serta aneka tumbuhan lain nya. Sedangkan nama biawak ini, diambil dari satwa biawak yang berkeliaran dan hidup di kepulauan ini.

Sebenarnya nama pulau ini adalah pulau rakit, namun oleh Pemkab Indramayu dinamakan Pulau Biawak karena banyak dijumpai biawak yang jadi ciri khas pulau ini. Satwa ini tergolong unik karena hidup di habitat air asin. Setiap menjelang matahari terbenam, puluhan biawak dengan panjang antara 20 cm – 1.5 meter terlihat berenang di tepian pantai. Satwa – satwa itu memang tengah berburu ikan untuk kebutuhan makan nya.

Anda tertarik untuk menjelajahi setiap jengkal pulau biawak, termasuk mencapai puncak mercusuar setinggi 65 meter? Silakan datang dan siapkan diri dengan mental yang kuat.

(Visited 544 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *