Thursday, April 9
Shadow

Fungsi dan tingkat waktu suatu kemasan

Memiliki bisnis dijaman ini sekarang bukan hal yang tabu. Mudahnya teknologi diakses seamkin memudahkan Anda memulai bisnis. Lalu bagaimana jika Anda yang sudah mempunyai bisnis ingin agar seamkin berkembang? Di dunia bisnis sendiri mungkin Anda bisa menjual produk atau jasa. Nah, produk atau barang didalam bisnis itu biasanya berhubungan dengan kemasan. Bisa dibilang kemasan itu sangat penting karena suatu produk bisa dikenal dan diingat pertam kali oleh konsumen karena kemasan nya.
Jika Anda menjual produk berupa makanan atau minuman, kemasan sangat dilihat oleh para konsumen selain rasa dan pelayanan bisnis. Dengan hadirnya kemasan, maka produk yang dijual akan terlihat berbeda, menarik dan memberikan kesan aman. Jutaan orang tidak menyadari, di era digital dan social media seperti sekarang, para pebisnis berlomba-lomba membuat kemasan yang semenarik mungkin. Mereka membuat kemasan retail secara eksklusif, istimewa, unik produk bisnis nya supaya omset penjualan nya naik.

Pada umumnya kemasan mempunyai definisi bagian luar yang membungkus suatu produk. Kemasan bertujuan melindungi produk dari benturan, guncangan, dan cuaca. Setiap bentuk produk yang dibungkus suatu benda diluarnya bisa disebut packaging atau kemasan retail.
Untuk bisa memperlihatkan brand image suatu produk dan membuat pandangan konsumen menjadi lebih trust (percaya) dan dengan bentuk juga desain yang beragam. Jadi pesan yang akan disampaikan dapat diterima oleh pengguna produk dengan baik. Selain untuk memunculkan brand image yang baik, kemasan juga mempunyai fungsi yang beragam, diantaranya :

 

1. Melindungi dan membuat produk jadi tahan lama, seperti melindungi dari panas, lembab, benturan, sinar ultraviolet, juga kontaminasi dari kuman dan mikroba yang bisa merusak kualitas produk.

2. Kemasan bisa sebagai ciri khas identitas suatu produk, kemasan bisa digunakan sebagai alat informasi dan komunikasi kepada konsumen melalui desain yang terdapat pada kemasan.

3. Melindungi bisnis yang lainnya. Kenapa bisnis lain yang dilindungi? Missal produk bisnis Anda adalah hal-hal yang tidak umum seperti berbau tajam, beracun atau bahan kimia seperti air keras. Dengan kemasan maka produk Anda bisa melindungi bisnis lain disekitarnya.

4. Kemasan bisa melindungi produk selama dalam pengiriman dari produsen hingga sampai ke konsumen. Supaya produk tidak mudah rusak apalagi cairan.

5. Fungsi kemasan yang penting lainnya adalah bisa memperlebar pemasaran produk, misalnya bisnis saus dan kecap yang menggunakan kemasan botol plastic yang biasanya dengan botol kaca.

6. Kemasan bisa memberikan nilai tambah dari suatu produk, yang menjadikan produk mempunyai nilai daya tarik bagi calon konsumen.

7. Kemasan dapat menambah efesiensi, yang pernah bekerja sebagai pergudangan pasti terbantukan dengan mudah menghitung produk jika sudah dalam kemasan. Apalagi produk berbentuk butiran atau cairan.

8. Kemasan bisa menjadi alat promosi serta informasi secara gratis. Karena kemasan sekarang biasanya terdapat alamat website, juga social media.

Fungsi kemasan berdasarkan tingkat waktu pemakaiannya.

1. Kemasan yang tidak dibuang
Pernah membeli biskuit atau susu yang kemasannya kaleng? Apa Anda langsung membuang nya atau menggunakan sebagai wadah lainnya dirumah? Nah kaleng termasuk kemasan yang cukup lama digunakan karena bisa multifungsi.

2. Kemasan sekali pakai
Kemasan ini biasa langsung dibuang setelah dipakai, seperti bungkus plastik, bungkus permen, bungkus daun, dan karton.

3. Kemasan yang digunakan berulang-ulang
Kemasan jenis ini umumnya tidak dibuang oleh para konsumen tapi dikembalikan lagi kepada penjual lalu dimanfaatkan ulang. Misalnya gas dan kecap.

Semoga artikel kemasan retail ini bisa menambah pengetahuan untuk Anda yang ingin memulai bisnis.

(Visited 14 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *