Monday, May 17
Shadow

Fakta Unik Dan Informasi Menarik Tentang Jalur Pantura Indramayu.

Fakta unik dan informasi menarik Tentang  jalur Pantura Indramayu – Siapa yang tidak kenal dengan nama Pantura atau jalur pantai utara. Pantura merupakan jalur yang paling panas dan selalu menjadi pusat perhatian para pemudik lebaran di pulau Jawa selama masa puncak arus mudik setiap tahunnya.

Jalur pantai utara Jawa (Jalur Pantura) merupakan jalan yang menghubungkan Merak dan Banyuwangi sepanjang pantai utara Jawa. Secara khusus, jalur Pantura menghubungkan dua kota besar di Jawa, yaitu Jakarta dan Surabaya.

Fakta dan Informasi Tentang Jalur Pantura :

  1. Jalur Pantura adalah jalan utama di pulau Jawa yang dikenal dengan nama Jalan Nasional Rute 1.
  2. Jalan ini dibangun pada era Herman Willem Daendels, Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang ke-36. Daendels memerintah antara tahun 1808-1811.  Dengan nama Jalan Raya Pos (De Grote Postweg) dari Anyer ke Panarukan.
  3. Jalan Raya Pos dibangun untuk mempertahankan Pulau Jawa dari serangan Inggris. Pada era Napoleon Bonaparte, Belanda di taklukan oleh Perancis dan dalam keadaan perang dengan Inggris.
  4. Daendels hanya membutuhkan waktu 1 tahun (1808) untuk menyelesaikan Jalan Raya Pos atau yang sekarag dikenal dengan Jalur Pantura.
  5. Jalur Pantura memiliki panjang total panjang 1.316 km dan terentang di sepanjang pesisir pantai utara Jawa, serta melewati 5 provinsi yaitu Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.
  6. Jalur Pantura menguhubungkan dua pelabuhan penyeberangan yaitu Merak di ujung barat pulau Jawa dan Ketapang di ujung timur Pulau Jawa.
  7. Jalur Pantura juga disebut-disebut urat nadi utama transportasi darat di Pulau Jawa, dengan setiap hari dilalui sekitar 20.000-70.000 kendaraan.
  8. Jalur Pantura menjadi perhatian utama saat arus mudik dan arus balik lebaran. Arus paling padat terjadi pada Jakarta-Cikampek-Tegal-Semarang.
  9. Jalur Pantura dikenal juga oleh sebagian orang sebagai “jalur tengkorak” atau “jalur maut” karena tingginya tingkat kecelakaan yang terjadi sepanjang tahun.
  10. Jalur Pantura merupakan salah satu jalur favorit bagi para supir truk, bus malam dan kontainer. Jika di jalanan lain semakin malam semakin kemdaraan yang melintas semakin sepi, di jalur Pantura justru sebaliknya, makin malam makin ramai.
  11. Jalur Pantura memiliki jalan yang lebar dengan trek yang relatif lurus dan minim belokkan, sehingga tak heran banyak para pengguna jalan disana menjadikan jalan tersebut sebagai tempat balapan dari berbagai macam jenis mobil.
  12. Jalur Pantura terkenal memiliki cuaca yang sangat panas dibandingkan dengan jalur selatan yang relatif sejuk.
  13. Ketika melintas di wilayah Kabupaten Indramayu dan beberapa daerah lainnya di jalan Pantura, maka jangan kaget jika sesekali tercium bau yang tak sedap seperti bau terasi atau ikan busuk yang sangat menusuk hidung. Mungkin inilah yang menjadi salah satu ciri khasnya dari jalur Pantura.

foto tribunnews

(Visited 899 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *