Fakta Unik Dan Informasi Menarik Tentang Indramayu

Fakta unik dan informasi menarik tentang Indramayu – Kabupaten Indramayu merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat, yang sekaligus dilintasi oleh jalur Pantura. Kabupaten Indramayu terdiri dari 33 Kecamatan, yang dibagi lagi atas 315 desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Indramayu.

Pernah menjadi daerah penghasil padi terbesar di Indonesia dari tahun 80-an hingga 90-an, sebagian masyarakat Indramayu tetap bermata pencarian sebagai petani. Berikut beberapa fakta mengenai Kabupaten Indramayu yang dapat anda ketahui.

  1. Kabupaten Indramayu berbatasan dengan laut Jawa di utara, Kabupaten Cirebon di tenggara, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Sumedang di selatan, serta Kabupaten Subang di barat.
  2. Hari lair kabupaten Indramayu ditetapkan pada tanggak 7 Oktober 1527.
  3. Nama Indramayu berasal dari nama Nyi Endang Darma Ayu yang merupakan salah satu pendiri Indramayu.
  4. Indramayu terletak dibawah permukaan laut, yang berarti wilayah ini beresiko saat terjadi pasang atau dalam kondisi badai. Kota ini dilindungi oleh beberap bukit pasir dan penghalang alami.
  5. Meskipun ibukota dari kota Indramayu berada di Kecamatan Indramayu, titik keramaian justru berada di Kecamatan Jatibarang dan Haurgeulis. Kondisi ini disebabkan karena di Jatibarang terdapat pasar besar dan memiliki akses transportasi utama seperti jalur pantura dan stasiun kereta api. Kondisi yang sama juga terjadi pada Kecamatan Haurgeulis. Walaupun tidak dilewati jalur pantura secara langsung, namun kecamatan ini di lalui oleh jalur kereta api.
  6. Meskipun Indramayu berada di Jawa Barat yang seharusnya berbudaya dan berbahasa Sunda, namun sebagian besar penduduk Indramayu menggunakan bahasa bahasa Cirebon dialek Indramayu. Bahasa tersebut terkenal dangan bahasa Dermayon, yaitu bahasa Indramayu yang hampir serupa dengan bahasa Cirebon yang dipergunakan di wilayah pusat Keraton Cirebon.
  7. Beberapa wilayah bagian selatan dan barat daya kabupaten ini menggunakan bahasa Sunda. Kondisi ini disebabkan bagian selatan Indramayu pernah menjadi wilayah Kerajaan Galuh dan Sumedang Larang, sehingga mambuat masyarakatnya berbahasa Sunda khas Indramayu yang diesbut Sunda Parean.
  8. Salah satu kesenia khas Indramay adalah Tari Topeng. Salah satu jenis Tari Topeng yang terkenal adalah Kelana Wungu yang menceritakan ratu Kencana Wungu yang dikejar-kejar oleh Prabu Menak Jingga yang tergila-gila kepadanya.
  9. Mimi Rasinah adalah salah satu maestro Tari Topeng yang masih aktif menari dan mengajarkan kesenian Tari Topeng walaupun telah mengalami limpuh sejak tahun 2006. Mimi Rasinah wafat pada bulan Agustus 2010.
  10. Pesta Rakyat Mapag Dewi Sri, menurut kepercayaan masyarakat Indramyu merupakan kegiatan yang wajib diadakan setiap tahun. Konon pada tahun 1970-an kegiatan ini pernah tidak dilaksanak karena hasil panen sedikit. Pada waktu yang sama, banyak masyarakat setempat yang jatuh sakit. semenjak kejadian itu sekecil apapun hasil panen pesta rakyat Mapag Dewi Sri harus tetap dilaksanakan.
  11. Selain padi, hasil bumi yang paling terkenal adalah mangga. Dari hasil bumi inilah, Indramayu mendapat julukan sebagai Kota Mangga. Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Indramayu tidak mencicipi mangga Indramayu.
  12. Kilang minyak terbesar di Indonesia yang dikelola Pertamina berlokasi di Kecamatan Balongan, Indramayu.

Demikian beberapa fakta unik dan informasi menarik tentang kota Indramayu. Masih banyak lagi fakta-fakta dan informasi mengenai Indramayu yang bisa anda telusuri lagi, semoga bermanfaat.

 

(Visited 2,038 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *