Sunday, November 29
Shadow

Daftar Peluang Bisnis yang Bisa Anda Temukan di Produk Khas Indramayu

Indramayu merupakan salah satu daerah di dalam Provinsi Jawa Barat. Luasnya kurang lebih 2000 km2. Daerah ini merupakan salah satu daerah pemasok produksi beras nasional karena wilayah Indramayu memiliki banyak lahan pertanian, tidak hanya di desa, di kota pun ada. Sehingga Indramayu disebut “Lumbung Padi” atau Gudang Beras”.

Letak Indramayu berbatasan dengan Kabupaten Majalengka dan Sumedang di sebelah selatan, Laut Jawa di sebelah utara, kabupaten Subang di sebelah barat, dan kabupaten Cirebon di sebelah tenggara. Masyarakat Indramayu rata-rata memiliki mata pencaharian sebagai petani.

Indramayu merupakan daerah yang memiliki potensi untuk dijadikan bisnis. Ini dikarenakan banyak ke-khas-an dari Indramayu yang bisa dikembangkan. Berikut beberapa peluang bisnis di Indramayu

1. Mangga Indramayu
Mangga dari Indramayu memiliki kualitas unggul yang berbeda dari Mangga lainnya karena mengandung tepung dan tidak mengandung air. Dari buah mangga Indramayu anda bisa mengolah atau mengembangkan kembali produk dengan kreatifitas yang anda miliki, atau bisa juga menjadi reseller atau distributor produk. Contohnya ada dodol mangga, manisan mangga, dan keripik mangga.

2. Aneka kerajinan Indramayu
Indramayu merupakan daerah yang produktif karena banyak produk yang dihasilkan dari keahlian turun menurun dari masyarakat perdesaan Indramayu. Contohnya ada hiasan dekorasi seperti lampu tembok, lampu gantung, lampu antic, kursi dan meja. Adapula kerajinan seperti:

• Gitar Mini, diproduksi dan dikembangkan di kecamatan Lelesa. Tidak hanya gitar mini saja, tapi ada jenis gitar lain seperti gitar akustik dan bass,

• Bordir, kerajinan ini berkembang di desa Sukawera, Kecamatan Widasari

• Gerabah
Kerajinan ini berkembang di jalur pantai utara tepatnya di desa Kandanganyar, Kecamatan Kandanghaur. Gerabah terbuat dari campuran tanah liat dan pasir. Yang menjadi kunci pembuatan gerabah adalah tekun, sabar dan hati-hati.
Para pengrajin gerabah memiliki kemampuan warisan turun temurun dan rata-rata pengrajin disana tidak sekolah karena siapa yang memiliki keahlian ini maka sudah punya pekerjaan.

• Topeng
kerajinan aneka topeng berkembang di desa Tambi, Gadingan, dan sekitarnya. Dalam pengerjaan satu topeng dibutuhkan setidaknya 5-7 hari tergantung kecepatan pembuatan para pengrajin.

3. Batik Tulis Indramayu
Setiap daerah memiliki motif dan makna berbeda dari setiap guratan pena dalam pembuatannya. Semuanya tergantung dengan seni, lingkungan dan adat istiadat dari daerah tersebut. Indramayu memproduksi batik yang berlatar belakang putih, warna gelap, motif lengkung dan garis runcing sebagai corak utamanya. Sedangkan motif utamanya adalah alam, seperti motif parang usak, motif iwa kentong, dan motif wadas. Batik yang terkenal adalah batik Paoman yang ada di kelurahan Paoman, desa Peganjan, desa Babadan, desa Pabean Udik kecamatan Indramayu, dan desa terusan kecamatan Sindang. Batik Paoman memiliki sekitar 52 motif yang telah di ekspor ke berbagai Negara seperti Jepang, Amerika dan Malaysia.

4. Ikan Asin
Karena berada di daerah pesisir, tepatnya sebelah utara laut jawa, Indramayu juga mmproduksi Ikan asin. Anda bisa menemui makanan khas Indramayu ini di jalur Pantura.

Dari contoh diatas, anda bisa memulai berbisnis dengan mendalami produknya, mulai meriset pasar (siapa saja target yang akan membeli produk kita), menjadi reseller bahkan distributor, atau bisa menjadi produsen dengan mengolah atau meng-hits-kan makanan khas dengan kretifitas menjadi makanan yang diminati banyak orang.

Bagaimana, anda tertarik untuk berbisnis? Semoga artikel ini bisa membantu.

 

foto pexels

(Visited 5 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *