Tuesday, June 22
Shadow

Ciri Khas Yayasan Al Ma’soem yang Menawan Hati

‘Sehat, cageur, pinteur’ adalah moto yang dimiliki oleh boarding school Yayasan Al Ma’soem. Moto yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘sehat, baik, pintar’ ini menjadi semangat bagi H. Ma’soem dalam mendirikan Yayasan Al Ma’soem dan menyusun berbagai ciri khas dan kebijakan istimewa di sekolah ini.

Yayasan Al Ma’soem didirikan pada tahun 1986 dengan latar belakang mulai pesatnya pertumbuhan industri ekonomi, sosial dan pendidikan di wilayah Bandung Timur dan Jatinangor. Melihat fakta tersebut, H. Ma’soem yang merupakan cendekiawan dan pebisnis memiliki maksud untuk membentengi anak-anak di sekitarnya dari dampak negatif pembangunan.

Maksud tersebut akhirnya direalisasikan menjadi pembangunan sebuah yayasan yang diberi nama Yayasan Al Ma’soem. Yayasan yang memiliki berbagai jenjang pendidikan ini memiliki beberapa ciri khas yang tidak dimiliki oleh boarding school sejenis. Apa saja ya kelebihan-kelebihan tersebut?
Pertama, pada masa orientasi, siswa akan diberikan beberapa tes keagamaan, seperti tes pembacaan kalimat syahadat dan beberapa tes yang lain. Tes-tes tersebut bukanlah tanpa maksud, tapi bertujuan untuk mengetahui sejauh mana calon siswa tersebut memahami dan mengenal ajaran-ajaran Islam yang kelak menjadi fondasi pendidikan pada boarding school Yayasan Al Ma’soem.

Kedua, pada boarding school Yayasan Al Ma’soem, bukan hanya para siswa yang dikenakan sanksi jika terbukti melakukan pelanggaran kedisiplinan, tapi juga para guru, pengelola dan pengurus yayasan! Bagi saya, hal yang dilakukan Yayasan Al Ma’soem ini adalah sebuah gebrakan yang akan membiasakan para siswa akan iklim keadilan yang kelak membentuk kepribadian mereka. Hal ini tentu saja membuat seluruh civitas akademi berjuang untuk dapat mematuhi peraturan yang ada, bukan hanya para siswa seperti pada sekolah yang lain.

Ciri khas ketiga adalah adanya tes kenaikan kelas yang beda dari sekolah yang lain. Jika di sekolah biasa kenaikan kelas dinilai dari mata pelajaran-mata pelajaran kognitif, maka pada boarding school Yayasan Al Ma’soem, yang menjadi fokus adalah bagaimana pemahaman siswa akan agamanya.

Bagi para siswa kelas VII yang akan naik ke kelas VIII, berhubungan dengan ilmu tentang fikih serta mampu mengamalkan ibadah hingga tingkatan yang telah ditentukan. Sedangkan untuk siswa yang akan naik dari kelas VIII ke kelas IX, mereka harus mampu membaca Alquran secara baik dan benar.

Bagi saya, tes semacam ini sangat baik karena mata pelajaran kognitif mungkin dipelajari oleh semua sekolah, namun sekolah yang mengutamakan pendidikan agama tentunya masih jarang dan dibutuhkan oleh generasi masa kini. Harapannya, dengan tes-tes ini akan lahir generasi yang lebih mengenal dan memahami bagaimana hakikat beragama dan bagaimana cara beragama.

Ciri keempat yang menurut saya istimewa adalah tidak adanya waktu ‘menganggur’ setelah Ujian Tengah Semester (UTS). Jika sekolah lain akan menyelenggarakan Pekan Olah Raga di setiap selesai UTS, maka berbeda halnya dengan boarding school Yayasan Al Ma’soem.

Di sini, sekolah akan langsung melanjutkan materi setelah UTS, sehingga tidak ada waktu yang terbuang dengan sia-sia. Nantinya, pada bulan Ramadan, siswa akan diberikan libur agar bisa melaksanakan ibadah Ramadan dengan lebih khusyuk karena materi belajar sudah dihabiskan terlebih dahulu dibandingkan sekolah lainnya.
Lalu, mungkin kita bertanya, “Jika tidak ada Pekan Olah Raga, lantas bagaimana para siswa mengembangkan soft skillsnya?”. Seakan menjawab kegelisahan ini, boarding school Yayasan Al Ma’soem memiliki segudang ekstrakulikuler dan kegiatan yang dapat diikuti oleh para siswa sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing.

Panahan, robotik dan futsal adalah tiga dari sekian banyak kegiatan seru yang dapat melatih soft skill siswa. Dan, jangan salah! Kegiatan sampingan dari sekolah ini dikerjakan dengan serius oleh para pembina karena setiap tahunnya, tim ekstrakulikuler boarding school Yayasan Al Ma’soem memberikan sumbangan prestasi bagi sekolahnya di tingkat kota, provinsi sampai internasional!

Bagi saya, beberapa ciri khas dari boarding school Yayasan Al Ma’soem di atas telah berhasil menawan hati saya untuk menjadikan boarding school ini sebagai pilihan yang tepat untuk mendidik anak-anak saya. Bagaimana dengan Anda?

(Visited 132 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *