Burbacek Kuliner Khas Kota Indramayu

Indonesia adalah negeri dengan Seribu pulau dan terdapat berbagai Tempat Wisata di dalamnya. Indonesia juga memiliki beragam suku yang tersebar di seluruh Indonesia, sehingga membuat Kuliner di Indonesia juga sangat beraneka ragam. Di setiap Daerah di Indonesia pasti memiliki Kuliner Khas masing-masing tempat. Di Jawa barat misalnya, tepatnya di Indramayu terdapat Burbacek Kuliner Khas Kota Indramayu.

Nama nya mungkin aneh dan belum pernah anda dengar, tapi tidak untuk Masyarakat Indramayu. Burbacek adalah Kuliner Khas dari Indramayu, Jawa barat. Burbacek itu adalah sebuah singkatan, yaitu Bubur Rumba Cecek, yang berarti bubur beras Putih dicampur Udang, Rumba atau Pecel Sambal asam, cecek atau Krecek masakan dari kulit sapi yang dicampur dengan parutan Kelapa dan sedikit cabe Merah, dari penjelasannya bikin Lidah ini ingin mencicipinya bukan.

Burbacek biasanya Bubur yang disajikan dengan sayuran rebus seperti kangkung dan taoge yang disiram dengan kuah petis dan sambal asam yang dicampur dengan kikil yang tipis. Lebih enak lagi di tambak Kerupuk sebagai pelengkapnya. Burbacek rasanya sangat segar, Paling enak kalau makan Burbacek itu sambil anda aduk sampai rata, sehingga isi dalam mangkuk berupa bubur beras, rumba dan Sambal asamnya serta cecek itu menyatu. Setelah diaduk, rasa semua sudah menyatu Bubur siap disantap dengan sendok, ingat.. makannya pelan-pelan yaa agar dapat menikmati Makanan Khas Indramayu ini.

Untuk Harga, Kuliner yang satu ini harganya sangat terjangkau, bahkan kalau dibilang relatif murah hanya Rp 6.500 per porsinya. Sehingga membuat Pelanggan Burbacek cukup Banyak yang ingin memakannya, terutama kaum wanita.

Untuk mencicipi Makanan Khas Indramayu ini, anda bisa mampir ke Warung Burbacek di Jalan Pasar Caplek, Lokasinya tepat di sebelah Pesantren Ma’had Imam Mujadid. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 16.00 WIB, dengan kapasitas bangku sekitar 3o orang, Warung ini ramai dikunjungi Pecinta Burbacek di pagi hari hingga siang hari.

Jika anda berkunjung ke Indramayu cobalah Kuliner Khas Indramayu ini. Dan santap Kuliner khas Indramayu yang Lezat lainnya supaya melengkapi Liburan anda di daerah Jawa Barat ini. Happy Travelling!

(Visited 1,830 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *