Beragam Kesenian dan Kebudayaan Khas Indramayu

Indramayu merupakan salah satu daerah yang menarik, namun belum semua orang tahu akan keindahan alam maupun kebudayaan Indramayu, sehingga kini mulai banyak orang yang mencari informasi tentang Indramayu, baik informasi tentang potensi wisata di Indramayu, maupun beragam kesenian dan kebudayaan khas Indramayu.

Penduduk Kabupaten Indramayu merupakan campuran suku sunda dan Jawa, dimana budaya yang tumbuh dan berkembang merupakan bentuk implementasi ekspresi masyarakat setempat yang dipengaruhi oleh kebudayaan Jawa dan Sunda sehingga bentuk kebudayaan nya merupakan akulturasi dari kedua kebudayaan tersebut.

Kesenian kabupaten Indramayu sangat beraneka ragam dan itu merupakan sebuah seni yang wajib dilestarikan. Jika kita berbicara Indramayu, berarti kita berbicara masalah kesenian kabupaten Indramayu yang sangat majemuk. Mungkin karena sangat beragamnya kami tidak bisa mengulas secara detail. Berbicara Indramayu, yang terlintas di pikiran kita adalah Jawa Barat dan juga pantura. Ya, karena Indramayu memang berada di Provinsi Jawa Barat dan juga dilewati oleh jalur Pantura atau Pantai Utara.

Apa Saja Kesenian dan Kebudayaan Khas Indramayu? Mari kita ulas satu per satu :

  1. Tari Topeng
    Tari topeng sebenarnya kesenian yang berasal dari daerah Cirebon, termasuk juga Indramayu. Tarian ini merupakan salah satu tarian di tatar Parahyangan. Penari nya memakai topeng saat menari, itulah sebabnya tarian ini dinamakan Tari Topeng. Tari topeng ini juga beraneka ragam dan mengalami perkembangan dalam hal gerakan maupun cerita yang ingin disampaikan dalam tarian tersebut. Gerakan tangan dan tubuh yang gemulai, serta iringan musik yang didominasi oleh kendang dan rebab merupakan ciri khas lain dari tari topeng. Sampai sekarang kesenian tari topeng ini masih eksis dipelajari di sanggar-sanggar tari dan juga sering dipentaskan saat acara resmi daerah. Salah satu sanggar Tari Topeng yang ada di Indramayu adalah Sanggar Tari Topeng milik Mimi Rasinah, Maestro Tari Topeng yang telah wafat pada bulan Agustus 2010.
  2. Mapag Dewi Sri
    Menurut kepercayaan masyarakat Indramayu, tradisi Mapag Dewi Sri wajib diadakan setiap tahun nya. Menurut cerita, pada tahun 1970-an pernah tidak melakukan ritual ini dikarenakan jumlah panen yang sedikit. Akibatnya banyak masyarakat setempat yang sakit. Semenjak itu pesta rakyat ini selalu diadakan tiap tahunnya tanpa melihat hasil panen.
  3. Sintren
    Sintren sebenarnya salah satu kesenian yang dimiliki oleh Masyarakat Jasa. Kesenian ini terkenal di pesisir Utara Jawa Tengah dan Jawa Barat. Banyak yang menyebut Sintren denfan sebutan Lais, dan di Indramayu sintren dipentaskan pada saat acara tertentu saja.
  4. Genjring Akrobat
    Merupakan pertunjukkan dengan menggunakan tangga sebagai medianya, sepeda roda satu dan lain sebagainya. Genjring Akrobat dalam penyajian nya di iringi alat musik Genjring/Rebana dengan dilengkapi tari Rudat.
  5. Sandiwara
    Kesenian ini hampir sama dengan seni pertunjukkan ketoprak yang berasal dari Jawa. Kesenian sandiwara di Kabupaten Indramayu biasanya mengisahkan tentang legenda dan sejarah yaitu sebuah pertunjukkan pentasan sebuah cerita atau disebut pula lakon dalam bahasa Jawa.
  6. Tarling
    Tarling merupakan seni musik yang ditampilkan dengan menggunakan gitar dan suling. Dimana Gitar dan Suling menjadi pengiring dalam kesenian ini. Kesenian ini mengikuti perkembangan zaman, karena sekarang tarling tidak hanya di iringi dengan gitar dan suling melainkan juga dilengkapi dengan alat musik modern.
  7. Wayang Kulit
    Kesenian ini memang sudah melekat pada masyarakat Jawa pada umumnya, begitu pula denga Indramayu. Karena kesenian wayang kulit ini masih melekat pada masyarakat Indramayu. Dan wayang kulit Indramayu sama seperti wayang kulit Jawa, yang berbeda hanya bahasa saat mementaskan nya.
  8. Berokan
    Berokan merupakan kesenian yang berasal dari Indramayu, dimana kesenian ini hampir sama dengan kesenian barongsai yang berasal dari Cina.
  9. Singa Depok dan Kebo Ngamuk
    Kesenian ini mirip dengan kesenian sisingaan yang berasal dari Subang dan mulai dimodifikasi dengan adanya Kebo Ngamuk dan Burok
  10. Batik Tulis Paoman (Batik Indramayu)
    Ini merupakan kesenian tulis yang berasal dari kabupaten Indramayu. Batik ini memiliki ciri khas pesisir dengan corak yang berbeda dengan batik dari daerah lain. Perpaduan antara kepercayaan, adat istiadat, seni dan lingkunga kehidupan pesisir, ditambah lagi adanya pengaruh dari luar ikut mempengaruhi terbentuknya motif dan karakter batik tulis pesisir.

Kesenian Kabupaten Indramayu sebenarnya ada beberapa yang mirip/sama dengan daerah lain. Namun, tentu saja mempunyai beberapa perbedaan yang menciri khaskan daerah Indramayu. Jika anda melewati jalur pantura jangan lupa mampir ke Indramayu untuk melihat kesenian Indramayu yang unik dan indah atau sekedar mencicipi wisata kuliner khas Indramayu.

(Visited 12,244 times, 38 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *