Aneka Produk Lokal Unggulan Indramayu

Info Indramayu –  Indramayu adalah salah satu kabupaten di jawa barat yang sangat terkenal dengan produk mangga. Memang benar mangga dari Indramayu tiada duanya. Mangga harum manis yang menggugah siapapun yang hendak memakannya. Namun Indramayu tidak hanya memiliki mangga saja. Namun banyak lagi aneka produk lokal yang menjadi unggulan kabupaten Indramayu ini.

Yang pertama adalah sektor pertanian. Meskipun Indramayu terkenal dengan industri Migas Balongan, serta Industri wilayah Losarang. Namun nyatanya Indramayu masih memiliki lahan yang cukup untuk membuat babupaten yang satu ini memiliki hasil produk pertanian yang di unggulkan. Sebagian besar masyarakat Indramayu masih bekerja sebagai petani. Sehingga tidak kaget lagi kalau Indramayu cukup kuat pada sektor pertaniannya.

Besar adalah salah satu produk unggulan Indramayu. Indramayu menjadi salah satu pemasok produksi terbesar beras Nasional. Sehingga tak ayal banyak yang masih bekerja sebagai petani. Meskipun Indramayu bukanlah bukan penghasil padi terbesar. Namun nyatanya bisa menjadi salah satu pemasok beras terbesar.

Bukan hanya besar saja produk pertanian yang di unggulkan di Indramayu. Sebut saja tebu, kopi, kelapa, jambu mete, dan mangga menjadi produk unggulan lainnya. Produksi mangga Indramayu sudah bisa dirasakan berbagai daerah di dalam maupun luar kota Indramayu sendiri. Bahkan saat musim mangga, di berbagai kota besar pun anda bisa dengan mudahnya menemukan mangga Indramayu ini.

Selain sektor pertanian, Indramayu masih memiliki produk lokal unggulan lain dari sektor kerajinan. Yang pertama adalah kerajinan batik. Memang hampir di setiap daerah di jawa memiliki ciri khas batik yang berbeda. Begitupun dengan kabupaten Indramayu ini. Batik Indramayu cukup berbeda dengan kota ataupun daerah lain. Kepribadian dan budaya pesisir, serta di pengaruhi oleh adat luar seperti Cina, Arab, Eropa, serta Timur Tengah membuat batik Indramayu memiliki corak yang menarik.

Produk batik tulis Indramayu kebanyakan memiliki motif alam. Seperti motif iwak ketong, motif parang rusak, motif wadas, motif lengkung maupun motif rungcing. Warna dasar yang sering digunakan pun putih dengan warna gelap sebagai coraknya. Biasanya batik tulis Indramayu disebut sebagai batik Paoman. Banyak pula batik yang masih menggunakan pewarna alami, sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Membahas mengenai produk lokal Indramayu memag tidak ada habisnya. Untuk sektor kerajinan ini Indramayu sangat terkenal dengan kerajinan logamnya. Bahkan di Indramayu sangat mudah menjumpai pengrajin logam. Hampir di setiap desa dapat di temui dengan mudah. Karena perajin logam di Indramayu bersifat turun-temurun. Produk yang dihasilkan juga sangat beragam. Lampu antik, lampu tembok, maninan anak, bahkan hingga perabot meja dan kursi pun di produksi di Indramayu.

Produk logam di Indramayu bukan hanya merambah pasar domestik. Namun sudah merambah pasar mancanegara. Berbagai negara di Eropa adalah tujuan produk kerajinan logam Indramayu ini. Jadi sudah tidak perlu di ragukan lagi masalah kualitas barangnya. Tidak sampai itu saja, masih banyak produk kerajinan yang ada di Indramayu. Kerajinan gerabah, topeng, bordir, bahkan hingga gitar mini.

Diatas adalah beberapa produk lokal yang ada di Indramayu. Masih banyak lagi produk lokal lain yang memiliki kualitas sangat baik. Wajar saja dengan banyaknya potensi produk lokal yang ada di Indramayu, bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan dan menguntungkan. Selain itu Indramayu adalah salah satu kabupaten yang memang memiliki produk unggulan terbaik di kalangannya.

 

foto: jabarprov.go.id

(Visited 141 times, 2 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *