7 Jenis Makanan Khas Indramayu yang sangat Nikmat

Mengunjungi Kabupaten Indramayu merupakan salah satu Destinasi yang tepat untuk anda yang biasa melakukan Travelling atau Backpacker. Indramayu memiliki berbagai macam tempat Wisata yang bisa anda kunjungi dan Wisata Kuliner yang dapat anda nikmati. Kuliner Indramayu tak jauh Beda dengan Kuliner yang ada di Cirebon.

Bagi sebagian orang yang pernah mengunjungi Kabupaten Indramayu pastinya selalu mencicipi Buah Mangga. Jika anda berkunjung ke Indramayu, Wisata Kuliner Buah Mangga ini yang tidak boleh anda lewatkan. Salah satu Mangga yang terkenal adalah Buah Mangga Harum Manis yang Khas rasa dan harumnya. Selain Mangga, Indramayu juga memiliki Kuliner Khas Indramayu lainnya. Nah.. Di artikel ini kami akan menjelaskan beberapa makanan Khas Indramayu yang Wajib kamu coba, yaitu  7 Jenis Makanan Khas Indramayu yang sangat Nikmat.

1. Buah Mangga

Indramayu disebut-sebut sebagai Surganya tanaman mangga. Menurut beberapa Wisatawan yang berkunjung ke Indramayu, Rasa buah mangga Indramayu dengan buah mangga dari daerah lain berbeda. Mangga Indramayu Jauh lebih manis dan Nikmat rasanya. Jika anda ingin mencoba Buah Mangga ini, anda bisa membelinya di daerah pinggir jalur Pantura. Mangga yang terkenal lebih enak yaitu Buah Mangga Manalagi atau Harum Manis, Gedong dan Cengkir.

2. Nasi lengko

Nasi Lengko biasa disebut Sega Lengko. Mirip dengan gado-gado, Nasi Lengko ini terdiri dari nasi yang ditaburi Toge yang direbus air panas, irisan Tempe dan tahu, Irisan Timun, Seledri, Kecap, Kerupuk, Bawang goreng dan di tuang bumbu kacang. Terkadang ada juga Nasi Lengko yang ditaburi dengan Irisan Telur Dadar.

3. Rumbah / Tumbuk / Lotek

Rumbah biasa disebut juga dengan nama Tumbuk. Jika Jakarta punya gado-gado dan Bandung punya Lotek, maka Indramayu punya Rumbah. Sama seperti Halnya gado-gado atau Lotek, Rumbah terdiri atas sayuran yang sebelumnya telah direbus. Beberapa sayuran yang biasa digunakan adalah Kangkung, Kacang panjang, tauge, timun, kol dan beberapa jenis sayuran lainnya. Kemudian sayuran-sayuran tersebut disiram dengan Bumbu Kacang.

4. Karedok

Karedok ini mirip seperti Rumbah atau Tumbuk, Bedanya Karedok adalah bahan-bahan yang serba mentah seperti timun, kol, Kacang panjang, toge, kemangi, terong dan remucu (Pisang kecil mentah). Untuk bumbu-bumbunya dibuat dengan campuran Bawang merah, putih, cabe rawit, gula merah, kencur, terasi dan daun jeruk. Karedok biasanya dimakan dengan Lontong atau nasi dan Kerupuk

5. Kue Koci

Kue Koci adalah Makanan lain yang juga Khas Indramayu. Kue Koci ini biasanya ada di acara-acara pesta Masyarakat Indramayu. Isi Kue Koci ini ada dua macam yaitu Kelapa dan Kacang hijau yang dicampur gula merah. Lalu kue ini dibungkus dengan daun pisan dan bentuk bungkusnya dibuat segitiga.

6. Pedesan Entog

Kuliner Pedesan entog Khas Indramayu
Pedesan entog

Pedesan Entog merupakan Makanan Berat yang Khas dari Indramayu. Pedesan Entog merupakan olahan dari Daging Entog (Sejenis bebek yang memiliki Tekstur daging lebih tebal). Daging entog ini terkenal amis dan kenyalnya, namun dengan proses masak yang benar amis dari Entog ini tidak tercium. Dengan bumbu yang kaya rempah-rempah dan tambahan cabe plus Merica menghasilkan rasa yang pedas dan nikmat.

7. Pindang Gombyang Manyung

Salah satu Makanan khas dari Indramayu lainnya yang tak kalah Populernya adalah Pindang Gombyang Manyung. Makanan ini mirip dengan Gulai dengan Bahan baku yang berbeda dari gulai biasanya, Pindang Gombyang Manyung menggunakan Kepala Ikan. Ikan yang digunakan adalah Ikan Manyung. Rasa dari Pindang Gombyang Manyung ini sangatlah kaya. Bumbunya terdiri dari rempah-rempah khas Indonesia yang memiliki rasa yang khas seperti Jahe, Kunyit, Lengkuas, Kemiri, Bawang putih, bawang merah dan beberapa bumbu rahasia lainnya.

Untuk memakan Pindang Gombyang Manyung anda bisa menemukannya di sekitar Pantai Utara Indramayu.

Bagi anda yang penasaran dengan rasanya dari ke-7 Kuliner Khas Indramayu, anda bisa langsung mengunjungi salah satu Kabupaten di Jawa Barat ini. Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa anda nikmati di daerah ini. Yuk kunjungi Kabupaten Indramayu. Selamat Makan!

(Visited 3,427 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *