Tuesday, June 22
Shadow

15 Jenis makanan khas indramayu yang Wajib Dicoba

Berkunjung ke indramayu sepertinya ga afdol kalau belum mencoba 15 Jenis Makanan Khas Kabupaten Indramayu, rasanya pasti recomended dan wajib dijadikan rujukan.

  • Buah mangga

Surganya tanaman mangga adalah di tempat asal ku indramayu. Orang tua saya selain menjadi petani padi juga berkebun pohon mangga. Menurut beberapa temanku yang berasal dari luar kota, rasa buah mangga indramayu dengan buah mangga dari daerah lain akan berbeda. Katanya jauh lebih manis dan nikmat buah mangga yang berasal dari indramayu. Jika teman – teman pernah melewati jalur pantura, maka di pinggir – pinggir jalan akan tersedia orang – orang yang berjualan buah mangga. Mangga yang terkenal lebih enak misalnya buah mangga manalagi atau harum manis, gedong dan cengkir.

  •    Dodol Mangga

Selain buah mangga, banyak orang indramayu juga memproduksi makanan dodol mangga sehingga lebih tahan lama berminggu – minggu. Jikalau banyak waktu biasanya emaku juga sering membuat dodol mangga. Emaku membuat dengan campuran gula merah dan agar agar. Dodol mangga juga banyak dijual di pusat perbelanjaan oleh – oleh khas indramayu. Membuat dodol mangga benar – benar memerlukan kesabaran karena ketika membuatnya dalam waktu yang lumayan lama.

  • Nasi Lengko

Saya mengenal nasi lengko ini ketika masih SD bahkan hingga sekarang. Sebutan umum nasi lengko adalah sega lengko. Saat itu, kantin di sekolahku banyak ibu-ibu menjual nasi lengko. Menunya cukup sederhana biasanya nasi yang ditaburi dengan toge yang direbus air panas, irisan tempe dan tahu, irisan timun, sledri, kecap, kerupuk, bawang goreng dan sambal kacang. Terkadang ada juga yang di taburi dengan irisan telur dadar.

  • Rumnah/Tumbuk/Lotek

 Rumbah atau saya menyebutnya dengan nama tumbuk. Bahan-bahan rumbah biasanya sudah direbus seperti kangkung, kacang panjang, timun suri dan toge yang dilumuri dengan sambal kacang.

 

 

  • Karedok

Berbeda dengan rumah atau tumbuk yang bahan-bahannya sudah direbus, maka lotek bahan-bahannya serba mentah seperti timun, kol, kacang panjang, toge, kemangi, terong dan remucu(pisang kecil mentah).

  • Nagasari

Kue nagasari akan selalu saya temui ketika musim hajatan dikampung. Kue ini berisi potongan pisang didalamnya. Biasanya dibungkus dengan daun pisang pula yang bentuknya segi empat.

  • Koci

Berbarengan dengan nagasari, kue koci akan ada ketika musim hajatan. Selain itu juga idul fitri. Iai kue koci ada dua macem yaitu kelapa dan kacang hijau yang dicampur gula merah.

  • Burbacek

Burbacek adalah bubur, rumbah, dan cecek. Bahan dasarnya adalah bubur beras putih, di campur rumbah, udang dan sambal kacang asam serta cecek(kulit sapi). Rasanya lumayan enak juga. Jangan lupa ditambah dengan makanan pelengkap andalan yaitu kerupuk.

  • Kerupuk Kulit Ikan

Berbicara kerupuk kulit ikan, bahan kerupuk kulit ikan ini ada yang dari kulit ikan remang atau manyung. UKM yang memproduksi kerupuk kulit ikan ini berada di desa dukuh.

  • Serabi

Serabi yang bercampur gula merah, itulah yang saya sukai dibanding serabi putih biasa. Biasanya serabi yang bawahnya agak gosong akan terasa enak. Dengan cetakan tradisional yang terbuat dari tanah liat, kemjudian dibakar diatas tumpukan batu bata merah(pawon). Sedangkan untuk bahan bakarnya menggunakan ketam padi yang diperoleh dari pabrik-pabrik penggilingan padi.

  • Lepet

Makanan tradisional ini mirip lontong. Bedanya di dalamnya ada kacang tolo dan dibungkus daun kelapa yang terikat. Sedangkan lontong dibungkus daun pisang. Lepet terbuat dari ketan putih.

  • Blendung Jagung

Namanya blendung jagung. Bahan utamanya jagung yang di rebus dan di taburi dengan parutan kelapa.

  • Ketan Tutu

Ketan tutul terbuat dari ketan yang berwarna putih berbentuk persegi panjang. Kue ini di gunakan pula sebagai bahan barter dari orang kondangan dengan beras selain dari koci, nagasari, dan wajik.

  • Wajik

Wajik sering ada ketika hajatan di kampung misalnya dalam acara sunatan, rasulan, atau bahkan ketika pernikahan. Wajik terbuat dari bahan dasar ketan, kelapa dan gula merah. Biasanya akan dibungkus dengan kertas minyak yang berwarna warni.

  • Ikan Asin

Indramayu adalah salah satu daerah pantai yang mata pencaharian penduduknya selain petani juga nelayan. Salah satu ikan asin yang terkenal dan banyak di jual di jalur pantura adalah ikan asin jambal roti. Biasanya dibungkus dengan plastik yang di gantungkan dengan aneka oleh-oleh khas Indramayu lainnya.

Demikian, semoga bermanfaat buat kalian ya guys. Terima Kasih.

(Visited 1,151 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *