Saturday, April 17
Shadow

11 Olahan Buah Mangga yang Akan Membuat Kamu Ketagihan

Indonesia merupakan Negara tropis sehingga memnungkinkan mangga tumbuh subur. Ada beberapa daerah yang memproduksi mangga seperti di Jawa Barat dan Jawa Timur. Biasanya mangga panen sekali dalam setahun. Tetapi di Jawa Barat seperti daerah Indramayu mangga bisa dipanen hingga tiga kali setahun.

Mangga merupakan buah yang sangat disukai orang. Mangga yang sudah matang akan terasa manis dan wanginya harum, namun ada juga mangga yang masih asam. Walaupun mangga masih asam tetap bisa diolah lho bahkan banyak yang menyukainya.

Inovasi mangga terus bermunculan karena manusia yang sifatnya ingin selalu hal yang baru. Sehingga muncullah aneka olahan mangga, mulai dari minuman hingga makanan. Di artikel ini akan dibahas apa saja sih olahan buah mangga yang membuat kita bisa ketagihan? Simak terus:

1. Rujak Mangga
Orang Indonesia jarang yang tidak suka rujak lho. Rujak terdiri dari bermacam buah salah satunya mangga. Buah mangga yang biasa dijadikan rujak adalah mangga yang masih muda, sehingga sangat nikmat jika di cocol dengan sambal rujak yang pedas.

2. Jus Mangga
Jus merupakan minuman dari buah yang dihancurkan dengan blender. Selain dimakan langsung, mangga akan sangat nikmat jika dijadikan minuman. Dan bisa diminum dimana saja tanpa ribet.

3. Pudding Mangga
Kalau pudding coklat dan vanilla itu sudah biasa. Kini ada pudding rasa buah-buahan, salah satunya mangga. Pudding mangga akan lebih nikmat jika ditambakan dengan vla susu.

4. Es Krim Manga
Es krim mangga pasti disenangi anak-anak, sudah banyak es krim rasa mangga yang dijual. Es krim mangga juga bisa kita buat sendiri dirumah.

5. Gelato Mangga
Jika es krim berbahan dasar susu, gelato berbahan dasar gelatin sehingga teksturnya lebih padat. Tidak hanya es krim, tapi mangga juga bisa dijadikan olahan gelato.

6. Mango Sticky Rice
Asal mula makanan ini berasal dari negeri Gajah, Thailand. Makanan ini merupakan mangga yang dihidangkan dengan ketan. Bisa dijadikan kudapan saat lapar. Rasanya yang nikmat membuat mango sticky rice cepat terkenal dimana-mana, termasuk di Indonesia.

7. Mochi Mangga
Mochi merupakan aci yang dibentuk bulat-bulat dan diberi isi. Awalnya mochi hanya berisi kacang kemudian bagian luar diberi sedikit tepung agar tidak lengket. Namun, sekarang mochi bisa diisi berbagai varian, seperti mangga.

8. Ice Mango Tea
Selain ice tea atau ice lemon tea, ada juga ice mango tea. Ada tambahan rasa mangga di dalam minuman ini yang akan membuat rasa haus anda hilang.

9. Sambal Mangga
Sambal merupakan teman makan yang orang Indonesia paling sukai. Ada yang bilang, rasanya tidak nikmat jika makan tanpa sambal. Sambal mangga ini merupakan sambal yang diberi irisan tipis mangga muda sehingga ada rasa segar di sambal tersebut. Sambal ini juga banyak digemari orang.

10. Asinan Mangga
Asinan lebih dikenal berasal dari Bogor, tapi banyak juga daerah-daerah yang menjual asinan. Seperti Indramayu yang menjual asinan mangga karena di daerah tersebut mangga sangat mudah ditemukan apalagi jika masa panen tiba.

11. Manisan Mangga
Selain asinan, ada juga manisan. Manisan ini banyak ditemui di pasar tradisional ataupun tempat wisata daerah Jawa Barat seperti Indramayu, Bandung, dan lain-lain. Mangga yang dibuat manisan dipotong memanjang.

Itulah 11 olahan buah mangga yang bisa kamu jadikan list untuk dicoba. Selamat menikmati semua makanan dan minuman berbahan mangga yaa..

 

foto pexels

(Visited 43 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *